Visual Photography. - Membahas Segala Jenis Tentang Photography serta memberikan turtorial cara menggunakan camera dengan benar

Sunday, May 6, 2018

Kenapa Kelembapan Tinggi Buruk Untuk Kamera dan Lensa?


Visual Photography - Kita hidup didaerah tropis, yang berarti kelembapan cukup tinggi (persisnya di atas 70%), belum juga ketika musim hujan angka itu juga akan naik. Menaruh camera serta lensa kurun waktu lama waktu tidak digunakan memerlukan strategi dan penyimpanan khusus untuk memerangi kelembapan. 

Kelembapan yang tinggi serta terus- menerus dapat mengakibatkan kerusakan komponen elektronis dan sensor camera, sesaat jamur dapat tumbuh serta berkembang di optik lensa. Sekali jamur tumbuh, kualitas optik bisa terpengaruh serta kita harus repot membersihkannya. Kalau jamurnya nempel di permukaan luar sih masih mudah, bila tumbuhnya di dalam elemen lensa di bagian dalam kita juga akan begitu kewalahan, biaya membersihkan lensa sekitar pada Rp 250 ribu hingga Rp. 750 ribu, tergantung kesulitan serta tempat servisnya. Jangan lupa, bacalah juga panduan menaruh lens cap serta penutup belakang agar tidak gampang hilang.

Kenapa Kelembapan Terlalu Rendah Juga  Tidak Bagus?

Kamera dan lensa mempunyai komponen mekanis yang butuh bergerak dengan lancar, tahukah anda di dalam lensa atau kamera juga diberi oli supaya pergerakan mekanis lancar serta tidak seret? Nah bila anda meletakkan kamera serta lensa di ruang yang begitu kering (kelembaban sangat rendah) jadi ini memiliki resiko peranan mekanis dapat seret serta terganggu.

Berapa Angka Kelembapan Ideal?

Angka sekitar 40 – 50 % RH (relative humidity, kelembaban relatif) yaitu baik untuk kamera serta lensa menurut beragam artikel. Ketentuan paling aman adalah cek di manual lensa serta kamera anda, mencari kalimat baik operating range, lantas cek rentang kelembapan yang dianjurkan. Nah untuk penyimpanan jangka panjang, untuk angka barusan dengan angka dua. Jadi contoh, angka operating humidity baik untuk Canon 5D Mark II adalah 85% atau lebih rendah. Maka penyimpanan baik yaitu sekitaran 35 hingga 45%.

Beberapa Cara Penyimpanan Terbaik

Berikut beberapa cara penyimpanan yang dapat anda kerjakan untuk melindungi keadaan lensa serta kamera agar tetap maksimal serta sempurna ;

  • Belilah Dry Cabinet atau Dry Box Khusus, dry cabinet yaitu lemari spesial yang didesain untuk menaruh barang-barang elektronis seperti foto di atas. Anda dapat membelinya di toko kamera atau toko alat rumah tangga yang besar. Tergantung spesifikasi, kita dapat menyetel angka kelembapan dalam ruangan penyimpanan sesuai sama yang diinginkan. Harga dry cabinet paling murah yaitu sekitaran Rp. 1 Juta.
  • Silica Gel dan Kotak Kedap Udara, Untuk alternatif murah anda dapat memakai kotak kedap udara yang umum digunakan untuk menaruh serta menyimpan sebagian saset (kantong) silica gel. Anda dapat juga beli silica gel spesial yang diperlengkapi tanda warna untuk ketahui kandungan air dalam gel seperti dalam foto di bawah. Waktu silica gel di dalam kotak telah jenuh dengan air, anda dapat mencolokkannya ke listrik untuk mengeringkan kembali. Harga kotak silica gel ini di bawah Rp 200 ribu.
  • Saya sarankan tidak membeli kotak penyimpanan kamera yang diperlengkapi elemen pemanas, kemungkinan elemen jadi sangat panas cukup besar. Waktu pemanas jadi sangat panas, sensor di dalam kamera dapat terserang getahnya.
Nah selamat menyimpan kamera dan lensa anda dengan aman.

0 comments:

Post a Comment